Thursday 3 July 2014

Perkaratan, Pelapukan



1.       Perkaratan





Pperkaratan terjadi pada benda logam, seperti besi. Perkaratan menyebabkan benda-benda logam yang semula kuat menjadi rapuh sehingga benda-benda logam yang semula kuat menjadi rapuh sehingga kualitasnya jelek. Kondisi lingkungan mengakibatkan benda mengandung kadar garam dan asam yang sangat tinggi. Contohnya besi yang dibiarkan di udara terbuka dalam waktu yang lama akan berkarat. Perkaratan suatu benda sangat mudah terjadi di daerah pantai. Hal ini karena air pantai mengandung kadar garam yang tinggi. Salah satu cara untuk mencegah perkaratan pada besi adalah dengan mengecat logam agar kedap air.
2.       Pelapukan
Peristiwa dinding yang ditumbuhi lumut akan lama-lama hancur disebut dengan pelapukan. Pelapukan dapat dibedakan menjadi dua macam.
a.       Pelapukan fisika/mekanik


Pelpukan fisika adalah pelapukan yang disebabkan oleh faktor alam, seperti air, angin dan tekanan. Contohnya , batu-batuan disekitar kita semakin lama semakin rapuh karena mengalami proses pelapukan yang sangat lama akibat terkena air, perubahan suhu dan tekanan.
b.      Pelapukan biologi


Pelapukan biologi adalah pelapukan yang disebabkan oleh makhluk hidup , contohnya kayu yang tadinya keras, lama-kelamaan akan hancur dimakan rayap.
Keuntungan pelapuka adalah pelapukan batuan oleh lumut yang nantinya menjadi tanah.. ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghindari pelapukan yang merugikan.
1)      Mengeringkan kayu, karena air di dalam kayu yang basah akan membuat kayu cepat lapuk.
2)      Kayu dilapisi dengan cat/pernis untuk mencegah air masuk ke dalam kayu.
3)      Kayu diberi zat anti rayap
4)      Dinding dicat dengan cat yang tahan lumut.

No comments:

Post a Comment